Senam bersama sebelum jalan santai

Keramaian peserta jalan santai

POS 5 pembagian kupon doorprize jalan santai

Jalan santai di POS 6 (pos akhir)

parungkuda.desa.id РSenin (26/08/2019). Pada hari sabtu tanggal 24 Agustus 2019, pemdes beserta jajaran menggelar acara jalan santai dan pertunjukkan seni budaya serta hiburan dalam rangka merayakan dan memeriahkan peringatan hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-74 tahun. Bertindak sebagai pemandu semua acara yakni bapak Ilham dan ibu Riska yang berasal dari unsur pernagkat desa. Acara jalan santai sendiri sama seperti pada tahun sebelumnya selalu mendapat apresiasi dan antusiasme yang tinggi dari warga desa untuk mengikutinya apalagi terdapat Doorprize yang panitia telah siapkan dengan cara mengundi nomor kupon jalan santai pada serangkaian acara perayaan ini. Selain itu peserta dapat mengikuti acara jalan santai tersebut dengan gratis dan pesertanya pun tak hanya warga Desa Parungkuda saja melainkan ada juga yang berasal dari desa lain. Sebelum jalan santai dimulai, pemdes selaku panitia acara mengadakan senam bersama terlebih dahulu dengan menghadirkan instruktur senam profesional. Hal itu dilakukan agar semakin menggugah semangat para peserta jalan santai dan guna meminimalisir cedera yang mungkin timbul saat pelaksanaan jalan santai. Setelah senam bersama selesai, sambutan sekaligus dibukanya acara jalan santai disampaikan oleh bapak Habiburohman yang merupakan sekretaris Kecamatan Parungkuda. Selain dihadiri beliau yang mewakili bapak camat, acara ini juga dihadiri oleh Kapolsek Parungkuda, bapak Maryono beserta jajaran.

Sekitar pukul 07:30 WIB panitia melepas para peserta yang telah bersiap di garis start dengan bendera yang telah dipegang erat oleh Kapolsek didampingi Sekcam dan Kepala Desa Parungkuda dengan dibarengi aba-aba hitung mundur dari pemandu acara. Rute jalan santai ini mengitari wilayah Desa Parungkuda yaitu dengan menyusuri jalan desa, perumahan, pemukiman penduduk, perkebunan, ladang, hutan desa, jalan raya, dan jalan poros desa dengan jarak tempuh sekitar 4 sampai 5KM. Canda tawa dan riuh obrolan dari para peserta mewarnai jalannnya acara ini sehingga membuat suasana semakin meriah. Panitia menyiapkan sedikitnya 6 Pos jalan santai yang tersebar di beberapa titik rute jalan santai dengan menyediakan air minum kemasan di tiap posnya. Khusus Pos 5 selain menyediakan air minum, panitia juga menyiapkan kupon doorprize yang berisi nomor acak untuk diundi pada saat peserta tiba di garis finish (kantor desa) sambil menyaksikan serangkaian acara yang telah panitia siapkan. Sekitar pukul 09:00 WIB para peserta mulai ada yang tiba di kantor desa dengan kedatangan secara bertahap dan menempati kursi-kursi yang telah disiapkan panitia.

Penampilan seni budaya tari-tarian

Penampilan seni beladiri karate

Hiburan musik dangdut

Sambil beristirahat, para peserta disuguhi berbagai penampilan seni budaya dan hiburan musik dangdut dengan sesekali diselingi pengundian kupon doorprize oleh panitia acara. Wajah penuh harap terlihat dari para peserta setiap kali panitia melakukan pengundian kupon doorprize, berharap nomor undiannya yang keluar. Senyum sumringah begitu terpampang nyata dikala nomor undiannya keluar sebagai pemenang undian walaupun dengan hadiah yang tak seberapa. Pengundiannya sendiri dilakukan secara bergantian oleh kepala desa, sekcam, kapolsek, unsur perangkat desa, BPD, TP-PKK desa  dan unsur lembaga-lembaga desa lainnya. Tak terasa adzan zuhur pun berkumandang, panitia menghentikan sejenak acara tersebut dan melanjutkannya kembali hingga acara tersebut selesai sekitar pukul 14:00 WIB.

Adapun anggaran untuk peringatan dan perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia ini berasal dari Dana Bagi Hasil Pajak Non PBB di Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp. 10,000,000,- (Sepuluh juta rupiah). Selain bersumber dari hal tersebut, pemdes juga menerima swadaya/sumbangan/donasi dari masyarakat dan perusahaan yang ada di Desa Parungkuda.

Bagikan Berita